Accident Investigation Technique

Kata kunci: Accident Investigation, penyelidikan kecelakaan

Aryaduta Hotel Semanggi / Swiss-Belhotel, Jakarta | 20 Oktober 2014 | Rp. 2.475.000



Kecelakaan merupakan suatu hal yang harus dihindarkan. Namun demikian walaupun kita dan organisasi telah melakukan implementasi HSE dengan secara baik dan terprogram, bahaya laten kecelakaan, seperti : kebakaran, tabrakan, dll. masih dapat mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Tujuan dari kursus accident investigation ini adalah untuk mempersiapkan personnel terlatih (Supervisor / Manager) baik pada perusahaan jasa maupun manufaktur, agar memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana melakukan suatu penyelidikan kecelakaan sehingga dapat membantu pihak berwajib pada saat investigasi lapangan, mampu memberikan analisa dan memberikan rekomendasi perbaikan, sehingga diharapkan kejadian serupa dapat dihindarkan.

Di perlukan kemampuan dan prosedur khusus untuk menganalisa sebab-sebab dari kecelakaan tersebut. Terlebih jika perusahaan menangani pekerjaan yang beresiko tinggi dalam beroperasi. Teknik penyelidikan kecelakaan (accident investigation technique) secara professional akan sangat diperlukan agar dapat memberikan rekomendasi dan arahan yang jelas bagi manajemen untuk mengambil tindakan yang lebih lanjut.

Dalam penyelidikan ini personel perusahaan haruslah cermat dan diharapkan tidak melakukan teknik yang asal-asalan, sehingga keakuratan data/informasi dan hasil rekomendasi dapat dipertanggungjawabkan.



Outline Training  Accident Investigation

  1. Prinsip-prinsip penyelidikan kecelakaan
  2. Prosedur Penyelidikan kecelakaan
  3. Perencanaan Penyelidikan Kecelakaan
  4. Analisa Fakta dan temuan Lapangan
  5. Pohon Urutan Kecelakaan
  6. Membuat Rekomendasi
  7. Prinsip Investigasi Kebakaran dan Ledakan
  8. Prinsip Investigasi Kecelakaan

Workshop Fasilitator :

Dally M. Subagijo, ST, MM.

Praktisi dan konsultan HSE atau K3 yang selama lebih dari 8 tahun mengembangkan sistem, mengimplementasikan dan menganalisa sistem tersebut dalam lingkungan kerja sehari-hari sebagai seorang manajer operasi pada suatu bidang usaha di sebuah perusahaan minyak multinasional (Shell Companies in Indonesia). Memiliki jam terbang yang tinggi dalam mengimplementasikan HSE pernah training HSE didalam dan luar negeri. Dally menyelesaikan studinya dari Politeknik Universitas Indonesia tahun 1994 dibidang Teknik Mesin, melanjutkan kuliah S1 pada Fakultas Teknik Industri Universitas Indonusa tahun 2000, dan telah menyelesaikan S2 dibidang Management pada Universitas Pelita Harapan, tahun 2005. Memulai karir di Sedco Forex Schlumberger tahun 1994 – 1996 dan Shell Companies in Indonesia tahun 1996 – 2004 dengan posisi terakhir Shell Bitumen Plant Manager.

* Terima kasih kepada perusahaan – perusahaan yang telah mengirimkan peserta pada Public Training “MODERN HSE MANAGEMENT SYSTEM” sebelumnya (PT. THIESS Contractors Indonesia, PT. Soho Industri Pharmasi, PT. Bumimulia Indah Lestari, PT. Tri Tunggal Sejahtera, PT. Pelayaran Menaratama Samudra Indonesia, PT. Pelayaran Menaratama Samudra Indonesia, PT. Korosi Specindo, PT. Global Arrow)

 

FEE :

  • Rp. 1.550.000, – (Registration 3 person/more; payment 1 week before training)
  • Rp. 1.750.000, – (Reg 2 weeks before training ; payment 1 week before training)
  • Rp. 2.250.000, – (On The Spot; payment at the last training )
  • Rp. 2.475.000, – (Full Fare)

Add. charge 10 % will be applied for max 1 month late payment. And 20 % for payment after 1 month

 

Professional Technique of Accident Investigation

About the Author:

Post a Comment