Sistem Kompetensi: Teknik & Metode Menyusun

Kata kunci: Competency Matrix, Kompetensi, Sistem Kompetensi

Five Star Hotels, Jakarta | 20 – 21 October 2014 | Rp. 6.600.000,-

 

 

Sejak diperkenalkan oleh David Mc Clelland pada tahun 1973, konsep kompetensi telah diyakini mampu meningkatkan kinerja organisasi dan individu, dimana melalui pendekatan kompetensi ini, para praktisi SDM dapat mengintegrasikan strategi bisnis dengan sistem manajemen SDM.

Untuk menerapkan sistem kompetensi pada sebuah organisasi ternyata bukanlah suatu hal yang mudah. Beberapa pertanyaan dikemukakan oleh para praktisi SDM : Apa itu kompetensi ? Bagaimana cara menyusun kompetensi untuk sebuah organisasi? Bagaimana mengidentifikasikan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan organisasi ? Dan, bagaimana implementasinya dalam mendukung strategi bisnis ? Tak mudah memang untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut di atas.

Dalam pelatihan ini peserta diajak untuk menjawab sederet pertanyaan diatas dengan memahami bagaimana menyusun sistem kompetensi dan bagaimana menerapkannya dalam fungsi-fungsi yang ada dalam manajemen SDM.

Tujuan Training Sistem Kompetensi

  • Memahami seluk-beluk kompetensi
  • Peserta mampu menyusun teknik dan proses membuat model kompetensi
  • Peserta mampu mengimplementasikan konsep kompetensi untuk mendukung strategi bisnis perusahaannya

Materi Training Sistem Kompetensi

  1. Strategi Bisnis dan Kompetensi
  2. Konsep Dasar  Kompetensi
  3. Membangun Model Kompetensi
  4. Teknik Menyusun Kompetensi Organisasi, Kompetensi Peran dan Kompetensi Bidang
  5. Teknik Menyusun Competency Matrix
  6. Teknik Menyusun Competency Profile
  7. Implementasi Sistem Kompetensi dalam Recruitment, Training & Development, serta Career Planning dan Succession Planning

Metode Pelatihan

Ceramah, diskusi, studi kasus dan latihan

Peserta Training Sistem Kompetensi

Para praktisi SDM semua level

Workshop Leader :

Adi Mardianto, S.Psi, MBA. Adi Mardianto, S.Psi, MBA. Alumni Psikologi UGM. Direktur PT Mahatma Javakode, perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software aplikasi. Adalah anggota aktif dari SHRM (Society for Human Resource Management – USA), ASTD (American Society for Training & Development) dan IHRAA. Mempunyai pengalaman sebagai praktisi HR di beberapa perusahaan multinasional seperti Newmont Nusa Tenggara, Gobel dan Astra Group. Menulis buku berjudul “Recruitment Handbook: Panduan Praktis untuk Rekrutmen dan Seleksi” ,”People Development Handbook: Metode & Teknik Pengembangan Orang di Tempat Kerja“, “Organization Development Analyst : Linked to Business Strategy”, dan “Recruitment Analyst”. Sebagai konsultan, telah membantu beberapa perusahaan BUMN ataupun swasta untuk mengembangkan HR System. Beliau mempunyai kompetensi membangun Integrated HR System dengan mengembangkan software aplikasi yang bisa dimodifikasi. Beliau juga berpengalaman melakukan seleksi karyawan lebih dari sepuluh ribu orang, sering melakukan asesmen hingga level manajerial dan memberikan berbagai training dengan tema HR System, HR Information System, Leadership, Management Development, People Development.

Fee Training Sistem Kompetensi

  • Rp. 6000000,- (On The Spot, payment at the latest 20 Oct 2014)
  • Rp. 6600000,- (Full fare)

Teknik & Metode Menyusun Sistem Kompetensi

 

 

About the Author:

Post a Comment